Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Monday, November 26, 2012

KEAMANAN KAWASAN PANTAI BAGI WISATAWAN PERLU DITINGKATKAN

Yogyakarta,26/11 - Keamanan kawasan pantai selatan di Daerah Istimewa Yogyakarta perlu ditingkatkan, apalagi luas wilayah dengan jumlah personel tim SAR khususnya yang mengawasi keamanan pantai tidak sebanding.

"Sebagai contoh tim SAR Pantai Parangtritis saat ini memiliki anggota 80 orang yang mengawasi kawasan pantai sepanjang 20 kilometer dari Pantai Parangtritis, Pantai Pandansimo, Pantai Depok, dan Pantai Kwaru. Jumlah personel dan peralatan memang belum sebanding, namun kerja keras mereka selama ini patut dihargai," kata Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tazbir di Yogyakarta, Minggu.


Untuk itu, berkaitan dengan pengamanan objek wisata pantai khususnya Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul dan sekitarnya, kata dia, Dinas Pariwisata DIY belum lama ini memberikan bantuan berupa peralatan berupa sebuah perahu karet,pelampung, horn , tali lempar dengan nilai Rp108 juta.

"Tentunya kami berharap dengan bantuan itu bisa mengotimalkan keamanan bagi wisatawan yang selama ini mengunjungi pantai Parangtritis dan sekitarnya.Bantuan ini bisa mendukung kelancaran operasional Tim SAR di lapangan karena bagaimana pun beban kerja mereka sangat berat, khususnya saat terjadi kecelakaan di laut," katanya.

Menurut dia, pengawasan objek wisata pantai di DIY tentu membutuhkan ketrampilan dan dukungan peralatan yang memadai.

"Ke depan bantuan operasional Tim SAR Parangtritis ini akan terus diupayakan sehingga rasa aman dan nyaman bagi wisatawan bisa tercapai," kata Tazbir.

Sementara itu, anggota Tim SAR Pantai Parangtritis Suyitno mengatakan selama ini beberapa kecelakaan laut yang terjadi memang akibat kecerobohan wisatawan. Termasuk melanggar larangan berenang di beberapa titik laut yang sudah ditentukan. Tetapi masih banyak wisatawan yang membandel dan tetap berenang.

"Harusnya wisatawan mematuhi rambu - rambu larangan berenang yang sudah di tetapkan pemda," kata Suyitno

Kebutuhan mendesak bagi Tim SAR Parangtritis saat ini,katanya adalah berkaitan dengan penerangan lampu pantai, sehingga kalau terjadi musibah kecelakaan laut pada malam hari bisa diantisipasi. (ANTARA)

0 comments:

Post a Comment