Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, January 3, 2013

DPRD MINTA DINAS BANTU MASYARAKAT TERKENA BANJIR

DPRD Sumatera Selatan meminta kepada dinas atau satuan kerja pemerintah daerah terkait untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena banjir di Kabupaten Musibanyuasin dan Banyuasin.

"Kita berharap kepada satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) dari provinsi untuk dapat mengambil langkah-langkah taktis guna memberikan bantuan kepada masyarakat," kata Ketua Komisi V DPRD Sumsel MF Ridho di Palembang, Kamis.

Menurut dia, dengan kondisi akhir-akhir ini yang hujannya memang volume airnya cukup besar.

"Kita lihat bahwa di salah satu kecamatan di Banyuasin mengalami musibah banjir 14 desa. Kita berharap kepada SKPD dari provinsi khususnya badan penanggulangan bencana, dinas kesehatan dan dinas sosial dapat mengambil langkah-langkah taktis untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami banjir tersebut," katanya.

Ia mengatakan, jangan sampai nanti efek dari banjir ini menimbulkan wabah penyakit dan mengganggu aktivitas masyarakat sehari-hari.

"Jadi, kita berharap adanya suatu koordinasi SKPD-SKPD terkait untuk mengurusi adanya bencana alam ini dengan pemerintah kabupaten," ujarnya.

Ia juga mengimbau, masyarakat untuk bersabar sambil menunggu upaya pertolongan pemerintah dilakukan.

Sementara upaya mengatasi banjir, ia menuturkan, upaya sudah ada, namun sejauh mana dan seberapa besar upaya ini pihaknya belum tahu secara mendetil.

Akan tetapi, karena ini menyangkut wilayah diharapkan kabupaten lebih intensif untuk mengambil langkah dan ke depan pasca banjir bagaimana supaya tidak terjadi banjir pada masa-masa mendatang.

Kemudian terkait banjir ini sendiri harus diketahui apa menjadi penyebabnya, apa ini suatu kejadian yang memang luar biasa atau setiap ada hujan cukup lebat desa tersebut mengalami banjir.

Mengenai anggaran, ia menyatakan, memang ini menjadi tugas pokok dan fungsinya Badan Penanggulangan Bencana, dan Dinas Sosial ada anggarannya untuk menanggulangi bencana.

"Berapa besarannya secara angka saya tidak begitu hapal," kata wakil rakyat tersebut.(ant)

0 comments:

Post a Comment