Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friday, December 14, 2012

PASUKAN KUNING MALANG DISIPLIN DIHADIAHI RP500 RIBU

Pasukan kuning di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, yang disiplin dalam menjalankan tugasnya akan dihadiahi uang insentif sebesar Rp500 ribu dalam bentuk tabungan.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, Wasto, Jumat, mengatakan, untuk tahun ini DKP memberikan penghargaan bagi 25 orang pasukan kuning yang berdisiplin kerja tinggi. Namun, penghargaan ini bukan dalam bentuk uang tunai, tapi tabungan.

"Sebenarnya bukan hanya pasukan kuning saja yang bisa mendapatkan insentif ini, tapi juga pasukan hijau yang berprestasi, sehingga selain mendapatkan gaji, mereka juga dapat bonus. Penilaiannya juga sama, yakni tingkat kedisiplinan kerja," tegas Wasto.

Hanya saja, katanya, volume sampah yang terus meningkat, baik yang ada di tempat pembuangan sementara (TPS) maupun ke tempat pembungan akhir (TPA) Supiturang, tidak berbanding lurus dengan jumlah pasukan kuning yang ada.

Ia mengakui, saat ini pihaknya masih kekurangan jumlah pasukan kuning, sehingga volume sampah yang setiap tahunnya meningkat sekitar 5-10 persen itu masih belum bisa terkover seluruhnya. Volume sampah domestik maupun industri saat ini rata-rata mencapai 400 ton per hari.

Menurut dia, jumlah pasukan kuning saat ini sebanyak 800 orang dan 190 orang di antaranya masih berstatus honorer. Sedangkan pasukan hijau sebanyak 200 orang yang sebagian besar juga sudah berstatus pegawai tetap, bahkan PNS.

Wasto mengaku, pihaknya akan terus mengupayakan status pegawai honorer tersebut untuk diangkat menjadi PNS bagi yang memenuhi syarat. Selain itu, juga akan mengajukan tambahan jumlah pasukan kuning.

"Tapi kami belum tahu berapa personel lagi yang kami butuhkan dan idealnya berapa, sebab sekarang masih kami utak-atik untuk mengajukan tambahannya agar volume sampah yang terus meningkat ini bisa terkover seluruhnya," tegasnya.

Sebelumnya Wasto mengatakan, jika meningkatnya volume sampah di Kota Malang sebagai akibat dari semakin bertambahnya jumlah penduduk dan tingkat perekonomian masyarakat daerah itu yang semakin membaik.(ant)

0 comments:

Post a Comment