Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sunday, December 2, 2012

WOW, WARGA NAGARI LABUH BANGUN JALAN SENDIRI

Warga Nagari Labuh, Kecamatan Lima Kaum, Tanahdatar, Sumatera Barat, membangun jalan usaha tani sepanjang 1.500 meter dengan lebar dua meter secara swadaya.

"Pengerjaan jalan dari Jorong Piliang sampai ke Jorong Koto Nagari Labuh sudah dikerjakan sejak November 2012. Jalan ini untuk memperlancar petani dalam menjalankan aktivitas pertanian," kata Wali Nagari Labuh Edineldi, di Batusangkar, Minggu.

Pembukaan jalan pertanian tersebut menghubungkan puluhan hektare sawah petani, sehingga memudahkan dalam pengangkutan bibit, pupuk, dan produksi hasil pertanian lainnya.

Dia menjelaskan, pembangunan jalan usaha tani tersebut merupakan salah satu sarana pendukung untuk mencapai program nasional yang sedang digencarkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian.

"Permasalahan yang dihadapi para petani kami hampir sama yakni sulitnya akses jalan. Untuk itu pemerintah nagari akan berusaha membuka jalan usaha tani sehingga petani dapat ditingkatkan kesejahteraannya," katanya.

Dia mengatakan, pembangunan jalan usaha tani itu juga berkat dukungan seluruh elemen masyarakat yang ada di nagari tersebut.

Ia mengatakan, swadaya masyarakat di daerah itu cukup tinggi, dibuktikan dengan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan ini diwakafkan oleh pemilik lahan.

"Selain itu, yang mengerjakan jalan itu juga masyarakat dengan sistem manunggal dengan jumlah pekerja 35 orang setiap hari," kata dia.

Pembuatan jalan usaha tani tersebut, kata dia, direncanakan sampai ke pengecoran dengan semen, hingga bisa dilalui kendaraan.

"Kondisi jalan itu saat ini baru sekedar pembukaan, karena biaya untuk pengerasan sampai pengecoran dengan semen belum ada," katanya.

Dia berharap Pemkab Tanahdatar bisa mengalokasikan dana untuk membantu pembangunan jalan usaha tani yang sedang berjalan tersebut.

"Kalau Pemkab Tanahdatar tidak bisa mengalokasikan dana untuk kelanjutan pembangunan jalan tersebut, akan diusulkan melalui program PNPM 2014," kata dia.(ant)

0 comments:

Post a Comment